Thursday, June 01, 2006

Dana dan Doa dari Oslo untuk Korban Gempa Yogya

Den Haag - Perhatian dan solidaritas terus mengalir untuk para korban gempa. WNI di Oslo mengirim dana dan sejumput doa untuk mereka.

Begitu membaca berita bencana gempa bumi yang mengguncang Yogya dan sekitarnya, masyarakat Indonesia dan jajaran KBRI di Oslo secara spontan menggalang dana dan menggelar doa bersama. Dubes RI untuk Kerajaan Norwegia, Retno Lestari Priansari Marsudi, melalui email yang diterima detikcom, Rabu (31/5/2006) melaporkan.

"Sebagai rasa solidaritas terhadap para korban gempa di Yogya dan sekitarnya, lebih dari seratus orang masyarakat Indonesia di Oslo pada 28 Mei 2006 pukul 17.00 telah melakukan doa bersama di wisma indonesia," kata Retno.

Setelah acara doa bersama, dilakukan pula ritual keagamaan sesuai dengan agama masing-masing yaitu sholat ghaib bagi yang beragama Islam serta doa bagi umat Kristiani.

Retno menuturkan, dalam acara doa bersama tersebut secara spontan masyarakat Indonesia telah mengumpulkan dana untuk meringankan beban para korban gempa. "Jumlah uang yang terkumpul pada saat tersebut adalah NOK 8.687," ujar diplomat wanita yang meroket ke posisi Dubes dalam usia muda itu.

Menurut Retno, selain merogoh kocek secara spontan, masyarakat Indonesia di Norwegia juga menyampaikan keinginan untuk membantu mencarikan dana bagi para korban. Dana ini akan dikumpulkan dan dikirimkan ke Yogyakarta. "Hal yang sama juga dilakukan oleh masyarakat Indonesia di Norwegia pada saat terjadi bencana tsunami di Banda Aceh," demikian Retno.

Sumber: Detikcom

0 Comments:

Post a Comment

<< Home