Wednesday, May 31, 2006

Oh…Prambanan



Candi Prambanan yang berada di Kabupaten Klaten, tak luput dari kerusakan akibat gempa bumi yang mengguncang DI Yogyakarta dan Jawa Tengah, Sabtu (27/5) lalu. Situs peninggalan kerajaan Hindu berabad-abad lalu rusak, banyak ornamen-ornamen dan batu-batuan yang rontok ke tanah, hancur berantakan. Di komplek Candi Prambanan, tercatat ada tiga candi yang rusak parah, yakni Candi Wishnu, Brahma, dan Garuda.

Presiden SBY tak mampu menyembunyikan kesedihannya ketika memeriksa kondisi Candi Prambanan, Selasa (30/5) pagi. “Saya minta pada pihak-pihak terkait untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Candi Prambanan yang rusak akibat gempa. Dalam pembangunan kembali, juga jangan mengubah bentuk semula,” kata Presiden. Kepada Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Presiden Jero Wacik yang menyertainya, Presiden mempersilakan jika hendak melakukan kerjasama dengan WHO dan Unesco untuk melakukan rekonstruksi kompleks Candi Prambanan.

Selain didampingi Ibu Ani dan Jero Wacik, kedatangan Presiden ke Prambanan juga disertai Menkes Siti Fadillah Soepari, Menkeuangan Sri Mulyani, Mendiknas Bambang Sudibyo, Menhub Hatta Radjasa, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik, serta dua Jubir Kepresidenan Andi Mallarangeng dan Dino Patti Djalal. (osa/win)

Sumber: SBY.info

0 Comments:

Post a Comment

<< Home